Serambi Pirous

Menelaah Langit Menekur Bumi


Pameran Seni Rupa Lukisan dan Grafis
A.D. Pirous dan Erna Pirous
Menelaah Langit Menekur Bumi
17 Mei – 15 Juli 2018
Serambi Pirous Studio Galeri
Jl. Bukit Pakar Timur II/111 Bandung
Serangkaian dengan Ramadhan tahun ini, Serambi Pirous menyelenggarakan pameran lukisan dari 46 karya-karya A.D. Pirous dan Erna Pirous.
Menelaah adalah naluri manusia untuk mencari pengetahuan atas semua pertanyaan-pertanyaan dalam perjalanan hidup, sementara menekur adalah merenung tentang segala pencapaian yang ada. Keduanya mewujud dalam amal perbuatan di dunia sebagai manusia dalam peran-peran duniawi yang beraneka-ragam. Tentu dengan berbagai konsekuensi.

 
Pameran ini tidak memberikan jawaban tapi memberikan rambu-rambu. Ada  saat manusia harus lebih banyak menelaah dan belajar dalam gelanggang duniawi. Namun ada pula saat manusia keluar dari  arena bising dan mencoba pulang. Hendaknya ada satu rumah dalam hati untuk mendengar bisikan suara batin, berdialog dalam keheningan dan haru. Erna membawakan tema-tema penziarahan ke tanah suci, sementara lukisan-lukisan Pirous walau membawa ayat-ayat suci Al Quran tidak bermaksud mengasah atau mengoreksi ke islaman seseorang. Baginya ayat-ayat itu adalah kendaraan puitis bagi siapa saja berisi gema abadi tentang nilai dasar menjadi manusia. Manusia hendak selalu kritis belajar namun juga bersikap rendah hati dan menekuri tiap langkah. Manusia adalah makhluk bergairah yang  aktif bertualang namun juga selalu resah mencari jalan pulang. Kedua tarikan kontradiktif adalah tema dalam keseluruhan karya.
Iwan Pirous